LELANGAN TANAH KAS DESA TAHUN 2024 DESA LEYANGAN

  • Feb 29, 2024
  • Daryono

Leyangan - Pada hari Kamis tanggal 29 Februari 2024 tepatnya pukul 09.00 dilaksanakan kegiatan lelang tanah kas desa (Bondo Deso) bertempat di Balai Desa Leyangan Kecamatan Penawangan. Adapun peserta yang hadir pada acara tersebut yaitu Perangkat Desa, BPD, Tomas dan peserta lelang tanah kas desa. 

Kegiatan Lelang Tanah Kas Desa merupakan kegiatan untuk menentukan pemegang hak sewa tanah sawah yang dimiliki oleh Pemerintah Desa. Kegiatan ini dinamakan lelang, dalam pelaksanaannya cara penentuan pemegang hak sewa  ditentukan berdasarkan harga tertinggi sebagaimana sistem lelang pada umumnya. Namun karena sudah menjadi kebiasaan di masyarakat, maka penyebutannya menjadi lelang tanah kas desa (bondo deso).

              Seperti lelang pada umumnya, pada mekanisme ini peserta akan di tawarkan tanah yang akan di lelang. Selanjutnya peserta akan menawar harga sewa selama                 1  tahun berdasarkan harga dasar bidang tanah pada table lelang. Proses lelang dilaksanakan dimana pemenang lelang adalah warga yang menawar harga sewa                 paling tinggi.